Hari ini, Rabu 7 Desember, kami mengucapkan selamat tinggal kepada jiwa yang sangat istimewa; Elizabeth Holle telah berpulang dengan tenang disaksikan oleh kerabat dan sahabat dekatnya. Dia adalah seorang mentor bagi semua muridnya, panutan bagi banyak wanita dan pria muda, ringan tangan membantu keluarga nelayan di desa-desa pesisir, gigih dalam menyuarakan pendapat, seorang saudari yang penuh kasih, tetapi di atas semua itu Elizabeth adalah seorang teman sejati dan setia.

Usi Lies, begitu panggilan akrabnya, akan dikenang dengan humor jenakanya, tawanya yang hangat, kecerdasannya yang tak terbatas, kebaikan hati, kasih sayang, prinsip yang kuat, dan kesabaran yang tak ada habisnya. Lahir di Maluku Tenggara, Usi Lies tumbuh dengan rasa ingin tahu yang alami, dan kesadaran akan masyarakat dan lingkungan alam di sekitarnya. Dia mendedikasikan hidupnya untuk memberikan kembali kepada orang-orang dan lingkungan tempat dia dibesarkan.

Karier profesional Usi Lies yang mengesankan berlangsung lebih dari 4 dekade dan telah meninggalkan warisan abadi di beberapa bidang. Pengabdiannya sebagai akademisi di UNCEN, memiliki andil besar dalam membangun dan membina lingkungan belajar yang terbuka dan positif bagi para pemuda yang ingin belajar dan membuat perbedaan. Dia memberikan kesempatan belajar kepada anak muda yang tidak akan pernah mereka dapatkan.

Usi Lies menerapkan prinsip dan etika yang kuat tentang keadilan dan kesetaraan untuk semua ke dalam ruang kelas, dan dalam segala hal yang dia lakukan dia membela mereka yang terpinggirkan. Dia mengilhami murid-muridnya untuk mengejar berbagai karir, tetapi semuanya bertalian untuk memperjuangkan keadilan sosial dalam kegiatan yang mereka lakukan.

Bagi Usi Lies belajar tidak pernah berakhir, sebanyak dia selalu mewariskan kebijaksanaannya, dia juga ingin belajar dari keterampilan dan pengetahuan orang lain, terlepas dari status sosial, tingkat pendidikan formal atau kekayaan seseorang. Bagi Usi Lies, setiap orang memiliki sesuatu untuk disumbangkan dan tidak ada yang lebih penting dari yang lain. Dia memperluas ruang kelas dari ruang kuliah di UNCEN ke banyak komunitas pesisir di Indonesia bagian timur. Dia memiliki hasrat dan pemahaman yang mendalam terhadap budaya dan adat istiadat setempat.

Sebagai salah satu pendiri jaringan LMMA Indonesia, Usi Lies mendorong terbentuknya jaringan komunitas yang langgeng yang bekerja dan belajar bersama untuk memperbaiki kondisi perikanan pesisir; sesuatu yang paling diyakini tidak mungkin dapat dilakukan dengan sumber daya terbatas yang tersedia. Dalam proses itu dia bekerja dengan ratusan komunitas di seluruh Indonesia Timur, dan mengubah cara berpikir kita tentang pengelolaan sumber daya secara lokal. Karyanya merupakan terobosan, memberdayakan dan berada di garis depan untuk disumbangkan bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan, meskipun kerendahan hatinya tidak akan pernah mengungkapkan hal ini.

Usi Lies memimpin dengan memberi contoh dan menetapkan standar tinggi untuk dirinya sendiri serta untuk mereka yang bekerja dengannya; selalu berusaha untuk mendapatkan hasil maksimal dari pekerjaan yang dilakukan. Optimisme dan sifatnya yang lembut membuatnya sangat mudah didekati, dan dengan itu dia melihat potensi di tempat dan orang yang tidak bisa dilihat orang lain. Usi Lies adalah orang yang sangat setia dan penyayang. Setiap kali seseorang melihat Elizabeth, dia merasa seperti pulang ke rumah. Orang-orang yang dekat dengannya tahu bahwa jarak tidak membuat perbedaan baginya, begitu pula waktu yang terpisah. Setiap orang yang cukup beruntung untuk mengenalnya, dapat membuktikan bahwa dia selalu mengutamakan kebutuhan orang lain.

Meskipun rasanya Usi Lies telah meninggalkan kita terlalu dini, kita dapat berdamai dengan kepergiannya karena dia sekarang beristirahat di antara bintang-bintang. Usi Lies, semoga engkau terus hidup dalam kebijaksanaan yang telah diberikan kepada kami, inspirasi yang telah engkau berikan kepada kami, dan teladan yang engkau teruskan untuk kami. Dengan kesedihan mendalam kami ucapkan selamat tinggal pada jiwa yang indah.

Beristirahatlah dalam damai Usi.